a.
Teknik
penilaian
Teknik penilaian dipilih sesuai dengan tuntutan kompetensi
dasar. Penilaian sikap dilakukan dengan
menggunakan teknik observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman. Teknik
observasi merupakan teknik utama, penilaian diri dan penilaian antar teman diperlukan
sebagai teknik penunjang untuk konfirmasi hasil penilaian
observasi oleh guru. Penilaian pengetahuan menggunakan teknik penilaian tes
tertulis,
penugasan dan portofolio (sebagai bahan guru
mendeskripsikan capaian pengetahuan di akhir semester). Penilaian keterampilan menggunakan teknik penilaian kinerja, projek, dan portofolio.
b.
Instrumen
penilaian
Instrumen penilaian adalah alat yang dipakai untuk
melakukan penilaian peserta didik. Instrumen penilaian dirancang untuk aspek
sikap, pengetahuan dan keterampilan pada
setiap pertemuan, sehingga akan tertulis instrumen untuk
pertemuan pertama, pertemuan kedua, pertemuan ketiga, dan seterusnya. Instrumen
penilaian sikap yang utama adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat perilaku yang sangat baik dan/atau
kurang baik yang berkaitan dengan indikator dari sikap spiritual dan sikap
sosial. Instrumen
penilaian untuk pengetahuan dan keterampilan disesuaikan dengan teknik penilaian
yang dipilih. Rancangan instrumen penilaian
dapat disajikan dalam lampiran-lampiran yang menjadi bagian
tidak terpisahkan dari RPP.
c. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pada bagian ini direncanakan pelaksanaan pembelajaran remedial dan pengayaan. Pembelajaran remedial pada dasarnya mengubah strategi atau metode
pembelajaran untuk KD yang sama. Bentuknya dapat berupa pembelajaran ulang,
bimbingan perorangan, pemanfaatan tutor sebaya, dan lain-lain. Pembelajaran
pengayaan berupa perluasan dan/atau pendalaman materi dan/atau kompetensi.
Strategi pembelajaran pengayaan dapat dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal
dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan
mewawancarai nara sumber. Peserta didik yang belum berhasil
mencapai ketuntasan belajar, diberi kesempatan mengikuti pembelajaran remedial
yang dilakukan setelah suatu kegiatan penilaian (bukan di akhir semester) baik secara individual,
kelompok, maupun kelas. Bagi peserta didik yang berhasil mencapai atau
melampaui ketuntasan belajar dapat diberi program pengayaan sesuai dengan waktu
yang tersedia baik secara individual maupun kelompok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar