Senin, 16 Mei 2016

Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar

a.      Media/alat
Media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi / materi pembelajaran. Alat pembelajaran adalah segala macam alat atau perlengkapan berupa apapun yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu dan memperlancar proses pembelajaran belajar.
Dalam RPP dapat ditulis spesifikasi semua media pembelajaran (video/film. Rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dan sebagainya)
Contoh cara menuliskan:
·   Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
·       Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
·       Model: Nama model yang dimaksud
·       Gambar: Judul gambar yang dimaksud
·       Realia: Nama benda yang dimaksud
  
b.     Bahan
Bahan merupakan segala sesuatu yang dapat dipakai atau diperlukan agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Pada bagian ini tulis spesifikasi semua bahan yang diperlukan dalam proses pembelajaran (misalnya nama, jumlah, ukuran).

c.       Sumber Belajar
Sumber belajar adalah segala sesuatu, dapat berupa orang, objek, lingkungan, atau peristiwa, baik yang direncanakan maupun yang dapat dimanfaatkan oleh guru, baik secara terpisah maupun gabungan, untuk kepentingan  pencapaian tujuan pembelajaran.
Sumber belajar dapat dikategorikan sebagai berikut:
1)      Tempat atau lingkungan alam sekitar yaitu dimana saja seseorang dapat melakukan belajar atau proses perubahan tingkah laku maka tempat itu dapat dikategorikan sebagai tempat belajar yang berarti sumber belajar, misalnya perpustakaan, pasar, museum, sungai, gunung, tempat pembuangan sampah, kolam ikan dan lain sebagainya.
2)      Benda yaitu segala benda yang memungkinkan terjadinya perubahan tingkah laku bagi peserta didik, maka benda itu dapat dikategorikan sebagai sumber belajar. Misalnya situs, candi, benda peninggalan lainnya.
3)      Orang yaitu siapa saja yang memiliki keahlian tertentu di mana peserta didik dapat belajar sesuatu, maka yang bersangkutan dapat dikategorikan sebagai sumber belajar. Misalnya guru, ahli geologi, polisi, dan ahli-ahli lainnya.
4)      Bahan yaitu segala sesuatu yang berupa teks tertulis, cetak, rekaman elektronik, web, dan lain lain yang dapat digunakan untuk belajar.
5)      Buku yaitu segala macam buku yang dapat dibaca secara mandiri oleh peserta didik dapat dikategorikan sebagai sumber belajar. Misalnya buku pelajaran, buku teks, kamus, ensiklopedi, fiksi dan lain sebagainya.
6)      Peristiwa atau fakta yang terjadi, misalnya peristiwa kerusuhan, peristiwa bencana, dan peristiwa lainnya yang guru dapat menjadikan peristiwa atau fakta sebagai sumber belajar.

Tuliskan spesifikasi semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dan lain-lain)
Contoh cara menuliskan:
·  Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
·   Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
·   Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor, Tahun, (halaman).
·       Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
·      Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan).
·       Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud.

·     Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya.

2 komentar: