Senin, 16 Mei 2016

FORMAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TERBARU

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                                   : … (Misal: SMP Negeri 1 Bayat)
Mata Pelajaran                       : ... (Misal: Prakarya (Pengolahan))
Kelas/Semester                      : … (Misal: VIII/Satu)
Alokasi Waktu                       : … (Misal: 3 Pertemuan (6 JP))

A.    Kompetensi Inti

(Tulis keempat KI yang sesuai, yaitu keempat KI kelas VII, VIII, atau IX).

Contoh KI kelas VII:

1.         1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  1. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  2. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  3. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.   Kompetensi Dasar

(Pilih dan kemudian tulis masing-masing satu atau lebih KD dari KI 1, 2, 3, dan 4 yang saling terkait).

CONTOH:

1.1.
2.1. …
3.1. …
4.1. …

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi

(Rumuskan 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD).

KD 1.1:

1.1.1.   … (Rumuskan perilaku umum yang bermuatan sikap SPIRITUAL yang gejalanya dapat diamati).
1.1.2.   … (Rumuskan perilaku umum yang bermuatan sikap SPIRITUAL yang gejalanya dapat diamati).



KD-2.1:

2.1.1. … (Rumuskan perilaku umum yang bermuatan sikap SOSIAL yang gejalanya dapat diamati).
2.1.2. … (Rumuskan perilaku umum yang bermuatan sikap SOSIAL yang gejalanya dapat diamati).

KD 3.1:

3.1.1. … (Rumuskan perilaku spesifik untuk PENGETAHUAN FAKTUAL yang dapat diamati dan diukur).
3.1.2. … (Rumuskan perilaku spesifik untuk PENGETAHUAN KONSEPTUAL yang dapat diamati dan diukur).
3.1.3. … (Rumuskan perilaku spesifik untuk PENGETAHUAN PROSEDURAL yang dapat diamati dan diukur).
3.1.4.  Dst.

Catatan:
1.    Apakah indikator pencapaian kompetensi pengetahuan mencakup baik pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural tergantung pada isi KD. Dengan kata lain, indikator pencapaian kompetensi pengetahuan TIDAK harus meliputi ketiga-tiganya (pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural).
2.  Baik indikator pencapaian kompetensi untuk pengetahuan faktual, konseptual, maupun prosedural masing-masing DAPAT lebih dari 1 (satu).

KD 4.1:

4.1.1. … (Rumuskan perilaku spesifik untuk KETERAMPILAN yang dapat diamati dan diukur – tindakan/melakukan suatu tugas dengan menggunakan pengetahuan dan sikap).
4.1.2. … (Rumuskan perilaku spesifik untuk KETERAMPILAN yang dapat diamati dan diukur – tindakan/melakukan suatu tugas dengan menggunakan pengetahuan dan sikap).


D.    Materi Pembelajaran

(Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang dicakup untuk materi pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial).

1.      Materi pembelajaran reguler

… (Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi   sebagaimana dicakup oleh KD).

2.      Materi pembelajaran pengayaan

… (Tulis sejumlah butir materi (kompetensi) pengayaan/perluasan/pendalaman dari yang dicakup oleh materi pembelajaran reguler).



3.      Materi pembelajaran remedial

… (Tulis sejumlah butir materi reguler yang diperkirakan sulit dikuasai oleh sebagian/seluruh peserta didik).


E.   Kegiatan Pembelajaran

(Tulis kegiatan pembelajaran untuk setiap pertemuan yang mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN PENDAHULUAN dan KEGIATAN PENUTUP ditulis dalam rumusan kegiatan yang dilakukan oleh guru yang DAPAT dilengkapi dengan rumusan kegiatan peserta didik secara terintegrasi – tidak dalam kalimat terpisah. Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN INTI ditulis dalam rumusan kegiatan peserta didik YANG DAPAT  dilengkapi dilengkapi dengan rumusan kegiatan guru – dalam kalimat terpisah. Tulis juga jumlah JP untuk setiap pertemuan dan alokasi waktu untuk kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup).

1.      Pertemuan Pertama: 2 JP

a.      Kegiatan Pendahuluan (8 menit)

CONTOH

1)    Guru … untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2)    Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu … dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu ….
4)    Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu ….
5)    Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu … dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu ….

b.      Kegiatan Inti (60 menit)

CONTOH

   Mengamati

Misal: Peserta didik mengamati gunung Merapi yang meletus yang disajikan melalui tayangan video dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan fenomena meletusnya gunung Merapi (IPS); menyaksikan video pertumbuhan dan perkembangan tanaman dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman (untuk IPA), …

Catatan:

Fenomena yang diamati oleh peserta didik dapat berupa fenomena sebagaimana adanya di alam (pada situasi alami) dan/atau dalam bentuk model, gambar/foto, teks, grafik/tabel, diagram, charta, audio, video, dan/atau animasi.

   Menanya

Misal: Peserta didik merumuskan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui terkait dengan meletusnya gunung Merapi (untuk IPS), pertumbuhan dan perkembangan tanaman (untuk IPA), …

Pertanyaan 1: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 2: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 3: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 4: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 5: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 6: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 7: … (pengetahuan prosedural)
Pertanyaan 8: … (pengetahuan prosedural)
Pertanyaan …

   Mengumpulkan informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 1 (MISALNYA untuk pertanyaan 1, 2, dan 3)

Misal: Peserta didik mewawancarai ahli kegunungapian dan/atau membaca buku siswa halaman … untuk mengetahui kapan gunung Merapi meletus (tahun berapa saja dan dalam periode berapa tahunan), korban letusan terdahsyat, dan tanda-tanda gunung Merapi akan meletus (untuk IPS – fenomena gunung meletus). Kemudian peserta didik menuliskannya pada selembar kertas untuk ditempelkan pada papan pajang pekerjaan peserta didik.

c.       Kegiatan Penutup (12 menit)

   Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai ….
   Guru bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengamati …, merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara ….
   Guru guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
   Guru menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
   Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu ….



2.      Pertemuan Kedua: 2 JP

a.      Kegiatan Pendahuluan (8 menit)

CONTOH

1)     Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan ….
2)     Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)     Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….

b.      Kegiatan Inti (60 menit)

CONTOH

 Mengumpulkan informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi mengomunikasikan 2 (MISALNYA untuk pertanyaan 4 dan 5)


 Mengumpulkan informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi mengomunikasikan 3 (MISALNYA untuk pertanyaan 6)


·                                    Dst.

c.       Kegiatan Penutup (12 menit)

   Guru memfasilitasi peserta didik (a) membuat butir-butir simpulan mengenai ….
   Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara ….
   Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
   Guru melakukan melakukan penilaian dengan teknik ….
   Guru menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
   Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu ….



3.      Pertemuan Ketiga: 2 JP

a.      Kegiatan Pendahuluan (8 menit)

CONTOH

1)    Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan ….
2)    Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)    Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….

b.      Kegiatan Inti (60 menit)

CONTOH

 Mengumpulkan informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 4 (MISALNYA untuk pertanyaan 7 dan 8)

·           

   Mencipta

Misal: Peserta didik membuat petunjuk tindakan menjelang, saat, dan paska letusan gunung api (IPS); merumuskan gagasan pembudidayaan tanaman yang cepat pertumbuhan dan perkembangannya (IPA); …

c.       Kegiatan Penutup (12 menit)

   Guru bersama-sama peserta didik membuat butir-butir simpulan terkait ….
 Guru bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan
kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara …; serta mencipta …
   Guru melakukan penilaian dengan teknik ….
   Guru memberitahukan pembelajaran remedi, yaitu …
   Guru memberitahukan pembelajaran program pengayaan, yaitu …
   Guru memberitahukan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu ….



F.   Penilaian

1.         Teknik penilaian
a. Sikap spiritual dan sosial
1). Observasi (jurnal)
2). Penilaian diri
3). Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1). Tes tertulis
2). Tes lisan
3). Penugasan
4). Wawancara
5) Portofolio
c. Keterampilan
1). Kinerja
2). Proyek
3). Wawancara
4). Portofolio

* Catatan: Teknik  penilaian dipilih  satu atau lebih sesuai dengan tuntutan KD.

2.     Instrumen penilaian
a. Pertemuan Pertama (sampel butir soal terlampir)
b. Pertemuan Kedua (sampel butir soal terlampir)
c. Pertemuan Ketiga (sampel butir soal terlampir)
d. Dst.

3.      Pembelajaran Remedial
Tulis kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
     pembelajaran ulang
     bimbingan perorangan
     belajar kelompok
     pemanfaatan tutor sebaya
bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.

4.      Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai nara sumber.

G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar

1.      Media/alat
Tulis spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dsb.). CONTOH  cara menuliskan:
a.    Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
b.   Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
c.     Model: Nama model yang dimaksud
d.    Gambar: Judul gambar yang dimaksud
e.    Realia: Nama benda yang dimaksud

2.      Bahan
Tulis spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) semua bahan yang diperlukan.

3.      Sumber Belajar
Tulis spesifikasi semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb.).
CONTOH  cara menuliskan:
a.  Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
b. Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
c.  Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor, Tahun, (halaman).
d.   Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
e.   Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
f.    Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud
g. Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya

h.   Lainnya (sesuai dengan aturan yang berlaku)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar