RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
… (Misal: SMP Negeri 1 Bayat)
Mata Pelajaran : ... (Misal: Prakarya (Pengolahan))
Kelas/Semester :
… (Misal: VIII/Satu)
Alokasi Waktu :
… (Misal: 3 Pertemuan (6 JP))
A.
Kompetensi Inti
(Tulis keempat KI yang sesuai, yaitu keempat KI kelas VII,
VIII, atau IX).
Contoh KI kelas VII:
1. 1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
(Pilih dan kemudian tulis masing-masing satu atau lebih KD dari KI 1, 2, 3, dan 4 yang saling
terkait).
CONTOH:
1.1.…
2.1. …
3.1. …
4.1. …
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
(Rumuskan
2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD).
KD 1.1:
1.1.1. … (Rumuskan perilaku umum yang bermuatan
sikap SPIRITUAL yang gejalanya dapat diamati).
1.1.2. … (Rumuskan perilaku umum yang bermuatan
sikap SPIRITUAL yang gejalanya dapat diamati).
KD-2.1:
2.1.1. … (Rumuskan perilaku umum yang bermuatan
sikap SOSIAL yang gejalanya
dapat diamati).
2.1.2. … (Rumuskan perilaku umum yang bermuatan sikap SOSIAL
yang gejalanya dapat diamati).
KD 3.1:
3.1.1. … (Rumuskan perilaku spesifik untuk
PENGETAHUAN FAKTUAL yang dapat diamati dan diukur).
3.1.2. … (Rumuskan perilaku spesifik untuk
PENGETAHUAN KONSEPTUAL yang dapat diamati dan diukur).
3.1.3. … (Rumuskan perilaku spesifik untuk
PENGETAHUAN PROSEDURAL yang dapat diamati dan diukur).
3.1.4. Dst.
Catatan:
1. Apakah indikator pencapaian kompetensi pengetahuan mencakup baik
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural tergantung pada isi KD. Dengan
kata lain, indikator pencapaian kompetensi pengetahuan TIDAK harus meliputi ketiga-tiganya
(pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural).
2. Baik indikator pencapaian kompetensi untuk pengetahuan faktual,
konseptual, maupun prosedural masing-masing DAPAT lebih dari 1 (satu).
KD 4.1:
4.1.1. … (Rumuskan perilaku spesifik untuk KETERAMPILAN yang dapat
diamati dan diukur – tindakan/melakukan suatu tugas dengan menggunakan
pengetahuan dan sikap).
4.1.2. … (Rumuskan perilaku spesifik untuk KETERAMPILAN yang dapat
diamati dan diukur – tindakan/melakukan suatu tugas dengan menggunakan
pengetahuan dan sikap).
D.
Materi Pembelajaran
(Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang dicakup untuk materi pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial).
1. Materi pembelajaran reguler
…
(Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir
materi sebagaimana dicakup oleh KD).
2. Materi pembelajaran pengayaan
… (Tulis
sejumlah butir materi (kompetensi) pengayaan/perluasan/pendalaman
dari yang dicakup oleh materi pembelajaran reguler).
3. Materi pembelajaran remedial
… (Tulis
sejumlah butir materi reguler yang diperkirakan sulit dikuasai oleh
sebagian/seluruh peserta didik).
E.
Kegiatan Pembelajaran
(Tulis kegiatan pembelajaran untuk setiap pertemuan
yang mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN PENDAHULUAN dan KEGIATAN PENUTUP ditulis
dalam rumusan kegiatan yang dilakukan oleh guru yang DAPAT dilengkapi dengan
rumusan kegiatan peserta didik secara terintegrasi – tidak dalam kalimat
terpisah. Kegiatan pembelajaran pada KEGIATAN INTI ditulis dalam rumusan
kegiatan peserta didik YANG DAPAT
dilengkapi dilengkapi dengan rumusan kegiatan guru – dalam kalimat
terpisah. Tulis juga jumlah JP untuk setiap pertemuan dan alokasi waktu untuk
kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup).
1. Pertemuan Pertama: 2 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1) Guru … untuk mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan.
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang
sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu … dan
menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari, yaitu ….
4) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan
kegiatan yang akan dilakukan, yaitu ….
5) Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu … dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu ….
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
CONTOH
Mengamati
Misal: Peserta
didik mengamati gunung Merapi yang meletus yang disajikan melalui tayangan
video dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan fenomena
meletusnya gunung Merapi (IPS); menyaksikan video pertumbuhan dan perkembangan
tanaman dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan pertumbuhan
dan perkembangan tanaman (untuk IPA), …
Catatan:
Fenomena yang
diamati oleh peserta didik dapat berupa fenomena sebagaimana adanya di alam (pada
situasi alami) dan/atau dalam bentuk model, gambar/foto, teks, grafik/tabel,
diagram, charta, audio, video, dan/atau animasi.
Menanya
Misal: Peserta
didik merumuskan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui terkait dengan
meletusnya gunung Merapi (untuk IPS), pertumbuhan dan perkembangan tanaman
(untuk IPA), …
Pertanyaan 1: …
(pengetahuan faktual)
Pertanyaan 2: …
(pengetahuan faktual)
Pertanyaan 3: …
(pengetahuan faktual)
Pertanyaan 4: …
(pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 5: …
(pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 6: …
(pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 7: …
(pengetahuan prosedural)
Pertanyaan 8: …
(pengetahuan prosedural)
Pertanyaan …
Mengumpulkan
informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 1 (MISALNYA
untuk pertanyaan 1, 2, dan 3)
Misal: Peserta
didik mewawancarai ahli kegunungapian dan/atau membaca buku siswa halaman …
untuk mengetahui kapan gunung Merapi meletus (tahun berapa saja dan dalam
periode berapa tahunan), korban letusan terdahsyat, dan tanda-tanda gunung
Merapi akan meletus (untuk IPS – fenomena gunung meletus). Kemudian peserta
didik menuliskannya pada selembar kertas untuk ditempelkan pada papan pajang pekerjaan peserta didik.
c.
Kegiatan Penutup (12 menit)
Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai ….
Guru bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran
(yaitu kegiatan mengamati …, merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi
dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh, dan
mengomunikasikan jawaban dengan cara ….
Guru guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil
pembelajaran dengan cara ….
Guru menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan
berikutnya, yaitu ….
2. Pertemuan Kedua: 2 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1) Guru mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan dengan ….
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang
sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3) Guru menyampaikan kegiatan
pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
CONTOH
Mengumpulkan
informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi mengomunikasikan 2
(MISALNYA untuk pertanyaan 4 dan 5)
…
Mengumpulkan
informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi mengomunikasikan 3
(MISALNYA untuk pertanyaan 6)
…
·
Dst.
c.
Kegiatan Penutup (12 menit)
Guru memfasilitasi peserta didik (a)
membuat butir-butir simpulan mengenai ….
Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan
kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan
cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan
mengomunikasikan jawaban dengan cara ….
Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil
pembelajaran dengan cara ….
Guru
melakukan melakukan penilaian dengan teknik ….
Guru menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan
berikutnya, yaitu ….
3. Pertemuan Ketiga: 2 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1) Guru mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan dengan ….
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang
sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3) Guru menyampaikan kegiatan
pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
CONTOH
Mengumpulkan
informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 4
(MISALNYA untuk pertanyaan 7 dan 8)
·
…
Mencipta
Misal: Peserta didik membuat petunjuk tindakan
menjelang, saat, dan paska letusan gunung api (IPS); merumuskan gagasan
pembudidayaan tanaman yang cepat pertumbuhan dan perkembangannya (IPA); …
c.
Kegiatan Penutup (12 menit)
Guru bersama-sama peserta didik membuat butir-butir simpulan terkait ….
Guru bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan
kekurangan kegiatan pembelajaran
(yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan
dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawaban dengan
cara …; serta mencipta …
Guru
melakukan penilaian dengan teknik ….
Guru memberitahukan pembelajaran remedi, yaitu …
Guru memberitahukan pembelajaran program pengayaan, yaitu …
Guru memberitahukan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya, yaitu ….
F.
Penilaian
1.
Teknik penilaian
a. Sikap spiritual dan sosial
1). Observasi
(jurnal)
2). Penilaian diri
3). Penilaian antarteman
b. Pengetahuan
1). Tes tertulis
2). Tes lisan
3). Penugasan
4). Wawancara
5) Portofolio
c. Keterampilan
1). Kinerja
2). Proyek
3). Wawancara
4). Portofolio
* Catatan:
Teknik penilaian dipilih satu atau lebih sesuai dengan
tuntutan KD.
2. Instrumen
penilaian
a.
Pertemuan Pertama (sampel butir soal terlampir)
b.
Pertemuan Kedua (sampel butir soal terlampir)
c.
Pertemuan Ketiga (sampel butir soal terlampir)
d. Dst.
3.
Pembelajaran Remedial
Tulis kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
•
pembelajaran ulang
•
bimbingan perorangan
•
belajar kelompok
•
pemanfaatan tutor sebaya
bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil
analisis penilaian.
4.
Pembelajaran
Pengayaan
Berdasarkan
hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas
mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih
tinggi,
meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai nara sumber.
G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
Tulis
spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart,
gambar, realia, dsb.). CONTOH cara
menuliskan:
a. Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
b. Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia
di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
c. Model: Nama model yang dimaksud
d. Gambar: Judul gambar yang dimaksud
e. Realia: Nama benda yang dimaksud
2. Bahan
Tulis
spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) semua bahan yang diperlukan.
3. Sumber Belajar
Tulis
spesifikasi semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran,
situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb.).
CONTOH cara menuliskan:
a. Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan.
Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
b. Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan.
Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
c. Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul
artikel. Nama majalah, Volume, Nomor, Tahun, (halaman).
d. Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal
terbit), Halaman, Kolom
e. Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel.
(Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
f. Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud
g. Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta
bidang keahlian dan/atau profesinya
h. Lainnya (sesuai dengan aturan yang berlaku)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar