Kompetensi dasar dirumuskan untuk mencapai Kompetensi
Inti. Rumusan Kompetensi dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik
dan kemampuan peserta didik, dan kekhasan masing-masing mata pelajaran.
Kompetensi dasar untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan
Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan meliputi empat kelompok
sesuai dengan pengelompokan Kompetensi Inti sebagai berikut.
a.
Kelompok 1: kelompok KD sikap spiritual
dalam rangka menjabarkan KI-1;
b.
Kelompok 2: kelompok KD sikap sosial
dalam rangka menjabarkan KI-2;
c.
Kelompok 3: kelompok KD pengetahuan
dalam rangka menjabarkan KI-3; dan
d.
Kelompok 4: kelompok KD keterampilan
dalam rangka menjabarkan KI-4.
Adapun untuk mata pelajaran selain Mata Pelajaran
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan, kompetensi dasar yang dikembangkan terdiri atas dua kelompok
yaitu kelompok kompetensi dasar
pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3 dan kelompok kompetensi dasar
keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4. Kompetensi-kompetensi dasar
tersebut kemudian dikembangkan ke dalam silabus.
Berikut
contoh kompetensi-kompetensi dasar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
KELAS
VII
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menerapkan
konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup
lain, dan benda-benda di sekitar, serta pentingnya penggunaan satuan standar
(baku) dalam pengukuran.
|
4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan
alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda
di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.
|
3.2 Mengklasifikasikan
makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.
|
4.2 Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk
hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.3 Memahami
konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia,
perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.3 Menyajikan
hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan
perubahan kimia, atau pemisahan campuran.
|
3.4 Memahami
konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada
manusia dan hewan.
|
4.4 Melakukan percobaan untuk
menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor.
|
3.5 Memahami
konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam
kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis.
|
4.5 Menyajikan hasil
percobaan tentang perubahan bentuk energi, termasuk
fotosintesis.
|
3.6 Memahami sistem organisasi kehidupan mulai
dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama penyusun sel.
|
4.6 Membuat
model struktur sel tumbuhan/hewan.
|
3.7 Menganalisis
interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi
akibat interaksi tersebut.
|
4.7 Menyajikan
hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan
sekitarnya.
|
3.8 Menganalisis
terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem.
|
4.8 Membuat
tulisan tentang gagasan penyelesaian
masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan.
|
3.9 Memahami perubahan iklim dan dampaknya bagi
ekosistem.
|
4.9 Membuat tulisan tentang gagasan
adaptasi/penanggulangan masalah perubahan iklim.
|
3.10 Memahami lapisan bumi, gunung api, gempa
bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana
sesuai ancaman bencana di daerahnya.
|
4.10
Mengomunikasikan upaya pengurangan
resiko dan dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat
terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.11 Memahami sistem tata surya, rotasi dan
revolusi bumi dan bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi.
|
4.11 Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan
revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan
atau penelusuran berbagai sumber informasi.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar