Senin, 16 Mei 2016

contoh langkah-langkah pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan pendekatan saintifik

Pendahuluan  (10 menit)
1.    Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses pembelajaran dengan  memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2. Guru mengajak peserta didik menyanyikan lagu “Good Morning” untuk membangkitkan motivasi belajar Bahasa Inggris.
3.    Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajari atau telah dikenal sebelumnya.
4.    Guru menyampaikan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang akan dicapai (meliputi kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan).
5.    Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati
1.  Peserta didik menyaksikan video percakapan singkat dan sederhana yang melibatkan ungkapan menanyakan dan mendeskripsikan benda, orang atau binatang.
2.    Peserta didik menuliskan hal-hal yang belum diketahui berkaitan dengan kosakata, informasi dan ungkapan yang digunakan dalam tayangan video.


Menanya
Dengan bimbingan guru, secara mandiri, peserta didik merumuskan pertanyaan dan menuliskannya tentang bagaimana menanyakan dan mendeskripsikan sesuatu.
Mengumpulkan Informasi/Mencoba
1.    Peserta didik membaca/mendengar contoh lain teks deskriptif lisan dan tulis dari berbagai sumber dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaannya.
2.  Peserta didik mengumpulkan informasi untuk menjawab rumusan pertanyaan dengan tehnik observasi dan interview, minta penjelasan dari guru dan membaca buku.
Menalar/mengasosiasi
1.    Secara berkelompok, dengan bimbingan guru,  peserta didik mempelajari teks untuk dapat menyebutkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks tersebut.
2.    Peserta didik mengelompokkan dan mengidentifikasi hubungan antar data dan informasi untuk menemukan pola/kaidah untuk menjawab pertanyaan yang telah diajukan.
    Mengomunikasikan
1. Setiap kelompok mempresentasikan pengetahuan tentang teks beserta unsur-unsurnya yang telah dipelajari.
2.    Peserta didik mengungkapkan hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari
3.   Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.
Mencipta
Dalam kelompok siswa membuat teks deskriptif  sejenis melalui diskusi.

Kegiatan Penutup (10 menit)
1.    Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2. Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mempraktikkan mendeskripsikan sesuatu terkait benda, tempat, orang atau binatang di sekitar mereka.

4.    Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

1 komentar: