Pendahuluan (10 menit)
1.
Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk
merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali
kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2. Guru
mengajak peserta didik menyanyikan lagu “Good
Morning” untuk membangkitkan motivasi belajar Bahasa Inggris.
3.
Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajari atau telah
dikenal sebelumnya.
4.
Guru
menyampaikan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai (meliputi
kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan).
5.
Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.
Kegiatan
Inti (60 menit)
Mengamati
1. Peserta
didik menyaksikan video percakapan singkat dan sederhana yang melibatkan
ungkapan menanyakan dan mendeskripsikan benda, orang atau binatang.
2.
Peserta
didik menuliskan hal-hal yang belum diketahui berkaitan dengan kosakata,
informasi dan ungkapan yang digunakan dalam tayangan video.
Menanya
Dengan bimbingan guru, secara
mandiri, peserta didik merumuskan pertanyaan dan menuliskannya tentang
bagaimana menanyakan dan mendeskripsikan sesuatu.
Mengumpulkan
Informasi/Mencoba
1.
Peserta
didik membaca/mendengar contoh lain teks deskriptif lisan dan tulis dari
berbagai sumber dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaannya.
2. Peserta didik mengumpulkan informasi untuk
menjawab rumusan pertanyaan dengan tehnik observasi dan interview, minta
penjelasan dari guru dan membaca buku.
Menalar/mengasosiasi
1.
Secara
berkelompok, dengan bimbingan guru,
peserta didik mempelajari teks untuk dapat menyebutkan fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan teks tersebut.
2.
Peserta
didik mengelompokkan dan mengidentifikasi hubungan antar data dan informasi
untuk menemukan pola/kaidah untuk menjawab pertanyaan yang telah diajukan.
Mengomunikasikan
1. Setiap
kelompok mempresentasikan pengetahuan tentang teks beserta unsur-unsurnya yang
telah dipelajari.
2.
Peserta
didik mengungkapkan hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari
3. Peserta
didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur,
dan unsur kebahasaan teks) dari guru.
Mencipta
Dalam kelompok siswa membuat teks
deskriptif sejenis melalui diskusi.
Kegiatan
Penutup (10 menit)
1.
Guru
dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah
dipelajari pada pertemuan ini.
2. Guru
mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan
refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3. Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk mempraktikkan mendeskripsikan
sesuatu terkait benda, tempat, orang atau binatang di sekitar mereka.
4.
Guru
menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.
Izin menggunakan untuk contoh tugas kuliah, terimakasih
BalasHapus